Sekda Kab. Nias Mengikuti Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Sekda Kab. Nias Mengikuti Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2022

Jumat, 02 Desember 2022


Nias - Sumutpos.id : Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H., mengikuti Pelaksanaan Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lasara Siwalu Banua Dusun I menuju Desa Sisarahili Ma’u, Kecamatan Ma’u. Jumat , 02/12/2022


Kegiatan gotong-royong tersebut turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nias,  Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD se-Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Forkopimka Kecamatan Ma’u, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Seluruh Peserta Kegiatan Gotong-Royong.


Mengawali sambutan Bupati Nias yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Samson P. Zai, S.H., M.H., mengajak semua bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan pertolongan-Nya sehingga bisa mengikuti Pelaksanaan Kegiatan Gotong-Royong Masyarakat Kabupaten Nias Tahun 2022.


“Gotong-royong adalah nilai luhur bangsa Indonesia yang telah tumbuh, berkembang, dan menjadi karakter dalam setiap sendi kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat. Nilai-nilai gotong royong telah teraktualisasi diseluruh pelosok tanah air termasuk di Kabupaten Nias yang kita cintai. Kegotongroyongan telah mengawal bangsa dan negara Republik Indonesia untuk mencapai tujuannya sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Kita harus sadar dan mengakui bahwa setiap tantangan dan gejolak yang dihadapi Bangsa dan Negera Indonesia selama ini dapat diatasi dan dilalui dengan semangat kebangsaan yang ditopang oleh nilai-nilai kegotongroyongan” terang Sekda Kabupaten Nias.


Seperti diketahui bahwa agenda rutin tahunan ini diatur dalam Permendagri No 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong-royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat.


Sekda Kabupaten Nias menegaskan agar kegiatan ini dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan semangat gotong-royong di tengah-tengah kehidupan masyarakat secara terus menerus dan berkesinambungan.


“hal ini mempunyai makna adanya sinergitas semangat gotong-royong masyarakat dalam mendukung visi-misi Bupati Nias, yaitu “Kabupaten Nias Maju” demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang sejahtera secara Bersama-sama” harap Sekda Kabupaten Nias



Sekda Kabupaten Nias juga mengingatkan tentang semangat kegotongroyongan yang membudaya khususnya di Daerah Kabupaten Nias yang menyatakan


AOHA NORO NILULUI WAHEA


AOHA NORO NILULUI WAOSO


ALISI TA FADAYA-DAYA


HULU TA FAEWOLO-WOLO


NAHA SAMBUA ZONDRA


NAHA SAMBUA LI


TA’OLIKHE GAWONI


TA’OLAI GULI NASI


HARATO SEBUA WAHASARA DODO


Selanjutnya, Sekda Kabupaten Nias membuka secara resmi pelaksanan bulan bhakti gotong-royong Kabupaten Nias di Kecamatan Ma’u Tahun 2022.


Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilaksanakan 2 (dua) acara tambahan, yakni:


Penyerahan Peralatan Gotong royong secara simbolis kepada Desa Lasara Siwalubanua.

Penyerahan Bantuan Sosial di Kecamatan Ma’u sebanyak 13 orang penerima manfaat bantuan sosial Tahun Anggaran 2022.

Penyerahan ini diserahkan langsung oleh Sekda Kabupaten Nias dengan didampingi oleh Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD se-Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten  Nias dan Forkopimka Kecamatan Ma’u.(Red-SP.ID/FH)