Cegah Perkembangan Pandemi Covid-19, Pemkab Simalungun Gelar Rapat Anev -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Cegah Perkembangan Pandemi Covid-19, Pemkab Simalungun Gelar Rapat Anev

Kamis, 08 Desember 2022

(Image/Gambar) : Wabup Simalungun Zonni Waldi saat menghadiri rapat.

Simalungun - Sumutpos.id : Guna mencegah perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir, Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar rapat analisa dan evaluasi (anev) situasi perkembangan Covid-19 karena masih adanya warga yang terkonfirmasi Covid-19.


Rapat tersebut berlangsung dalam dua sesi di Posko Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Simalungun di Jalan Asahan Km 6 Kecamatan Siantar, Sumut, Kamis (8/12/2022).


Sesuai dengan update data hari Kamis 8 Desember 2022, Kasus Covid-19 di Kabupaten Simalungun, kasus suspek=0, kasus probable=0, kasus terkonfirmasi=19, sembuh= 4275, kematian (probable=73 dan konfirmasi=353), sumber data Posko Covid -19.


Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi saat memimpin rapat sesi pertama menyampaikan bahwa, Covid-19 di Kabupaten Simalungun belum berakhir, untuk itu terus diwaspadai. 


"Apalagi kita akan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tentu banyak keluarga kita yang akan berkunjung, yang berasal dari berbagai daerah, oleh karena itu kita harus mengambil langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir perkembangan kasus covid ini," kata Wakil Bupati.


Wakil Bupati meminta agar Posko Satgas Covid-19 difungsikan kembali dan Dinas Kesehatan serta seluruh faskes untuk terus meningkatkan pelaksanaan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat yang belum vaksin dan mencari sasaran vaksin.


"Capaian vaksinasi Dosis 3 (D-3/booster) kita masih rendah, dan utamakan lansia (D4)," kata Wakil Bupati sembari meminta Dinas Sosial agar mengkaitkan dengan pembagian bantuan sosial.


Kemudian Wakil Bupati juga berharap saat menggelar posko pengamanan Nataru juga di lakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.


"Bekerjalah secara teratur, terarah dan konsisten. Data terkait perkembangan Covid-19 agar terus dilaporkan, jadwalkan kembali untuk analisa dan evaluasi perkembangan Covid-19 di Simalungun," kata Wakil Bupati.


Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati mengajak peserta rapat untuk menghimbau masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya dalam memutus mata rantai perkembangan Covid-19 di Kabupaten Simalungun. 


Senada disampaikan oleh Sekda Esron Sinaga saat memimpin rapat pada sesi dua menyampaikan agar posko Satgas Covid-19 diaktifkan dan meminta kepada para camat dan kepala Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi kepada warga yang belum melaksanakan vaksin dan mengimbau masyarakat untuk menjalan protokol kesehatan.


Rapat tersebut dihadiri antara lain Kapolres diwakili Kabag OPS AKP Kristo Tamba dan Kadis Kesehatan Edwin Toni SM Simanjuntak, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Kalak BPBD Ramadhan Damanik, Kadis Kominfo diwakili Herna Lindawati Purba, Koordinator BIN Simalungun, Kepala SPKT Polres Simalungun Iptu Japen Situmorang, Kasat Intel Iptu Teguh Raya Sianturi, Kakan Kemenag Ahmad Sopiyan, para Camat dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Simalungun.(Red-SP.ID/FIS)