Bupati Meranti Ancam Jokowi dan Sebut Kemenkeu Isinya Iblis dan Setan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Meranti Ancam Jokowi dan Sebut Kemenkeu Isinya Iblis dan Setan

Selasa, 13 Desember 2022



Meranti -Sumutpos.id: Nama Bupati Meranti, Muhammad Adil mendadak mencuat. Video ngamuk dan mengutuk pemerintah pusat saat rapat bertebaran di media sosial. M. Adil bahkan sampai mengancam Presiden Joko Widodo. Dia mengeluarkan kalimat ancaman, "Apa perlu Meranti angkat senjata? M. Adil juga menuding keras Kementerian Keuangan berisi iblis dan setan. 


Semua karena M. Adil merasa dana bagi hasil (DBH) migas 10 Triliun Rupiah yang diambil pemerintah pusat. Apalagi pengalokasian DBH tersebut dianggap tidak adil dan transparan oleh pemerintah daerah. Dalam video viral tersebut, diketahui M. Adil hadir dalam Rakornas bertema Perspektif Daerah Penghasil berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan  Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

M. Adil juga menyatakan sejak 1973, di Meranti ada 222 sumur minyak yang di bor.  Tahun ini jumlah itu bertambah 13 dan tahun depan tambah 19 sumur.  Hal itu paling tidak bisa diketahui dari jumlah dana bagi hasil yang diberikan pemerintah pusat ke daerahnya . Tahun ini saja, dana bagi hasil yang didapat hanya 114 miliar rupiah.  Tidak adanya manfaat terlihat dari jumlah angka kemiskinan.  Ia mengatakan, di Riau tingkat kemiskinan tembus 25,68%.

Dalam video berdurasi 1 menit 55 detik yang beredar di media sosial, M. Adil terlihat murka dan menyebut pegawai di kemenkeu sebagai iblis karena hanya mengambil minyak di Kabupaten Meranti tapi uangnya dihisap oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini  Kemenkeu.

"Ini orang keuangan isinya iblis atau setan?  Jangan diambil lagi minyak Meranti itu.  Tidak apa-apa. Kami juga masih bisa makan. Daripada uang kami dihisap oleh pusat." ujar M. Adil .


Siapa M. Adil?  Muhammad Adil lahir  8 April 1972.  Dia putra asli Meranti. Dia seorang politikus asal Riau yang saat ini menjabat sebagai bupati Kepulauan Meranti periode 2021 - 2024 . Sebelumnya ia menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Riau 2 periode yaitu periode 2014-2018 hingga terpilih lagi di periode selanjutnya 2019 - 2020.  Di periode kedua ini,  ia hanya setahun menjabat sebagai anggota DPRD provinsi Riau karena ia mencalon sebagai calon Bupati kepulauan Meranti sampai 2024 . 


Sebelum menjabat sebagai bupati Meranti, dia merupakan politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak 2022.  Sebelumnya, M. Adil merupakan politisi PKB dan Hanura.  Dia terpilih menjadi Bupati Meranti pada tahun 2021-2024. 

Dia memiliki istri bernama Rinarni.  Dari pernikahan tersebut dia memiliki tiga anak.  Muhammad Adil ini bukan orang sembarangan. Dia merupakan keturunan Joko Lelono atau Raden Saleh. Hal ini diketahui dari laman Instagram pribadinya. Dia mengunggah foto menggunakan beskap dan menuliskan nama dan silsilah keluarganya di bagian bawah foto. 

Muhammad Adil  juga resmi menyandang gelar Bupati Anom dari Keraton Yogyakarta dengan nama Kanjeng Mas Tumenggung Projoadiwinoto. Ada satu postingan di instagram-nya yang disematkan.  Postingan itu sebuah foto berbaju dinas Bupati dengan tulisan besar FORGUBRI 2024 jika diterjemahkan untuk Gubernur Riau 2024. (Red-SP.ID/TIM 01)