PABPDSI Simalungun Lantik Pengurus PABPDSI 3 Kecamatan Serentak -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

PABPDSI Simalungun Lantik Pengurus PABPDSI 3 Kecamatan Serentak

Wednesday, October 5, 2022

(Image/Gambar) : Ketua Pabpdsi Simalungun Buyung Irawan Tanjung saat memberikan pataka kepada Maruli Tambunan.

Simalungun - Sumutpos.id ; Pengurus Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia(PABPDSI) Kabupaten Simalungun melantik pengurus PABPDSI tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sidamanik, Pematang Sidamanik dan Dolok Pardamean serentak d Harungguan Kantor Camat Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (4/10/2022).


Pelantikan dan pengambilan sumpah janji pengurus PABPDSI di Tiga Kecamatan tersebut turut dihadiri anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik, Camat Sidamanik dan Pematang Sidamanik, tokoh agama, serta para pengurus PABPDSI Kabupaten dan pengurus di Tiga Kecamatan.


Ketua PABPDSI Simalungun Buyung Irawan Tanjung dalam sambutannya menyampaikan, PABPDSI Simalungun merupakan wadah para BPD (Maujana sebutan di Simalungun) dari 386 Nagori (Desa) se Simalungun, dan PABPDSI Simalungun sendiri dikukuhkan/dilantik oleh Bupati Simalungun pada 18 Agustus 2021 yang lalu dan dihadiri langsung Ketua Umum PABPDSI Ferry Radiansyah," terang Buyung.


Hingga saat ini, Pengurus PABPDSI Kecamatan yang sudah dikukuhkan/dilantik masih 12 Kecamatan dan kedepannya akan tetap diupayakan untuk melantik pengurus Kecamatan lainnya, karena memang ini merupakan tugas pengurus PABPDSI Kabupaten," tandas Buyung.


Ia menambahkan, wadah ini sangat penting bagi rekan-rekan BPD/Maujana dalam berbagi pengetahuan terkait tugas dan fungsi di masing-masing Nagori, untuk itu mari kita saling bersinergi dengan pemerintah Nagori dalam memusyawarahkan pembangunan di masing-masing Nagori.


Dalam waktu dekat, BPD/Maujana akan dihadapkan pada tugas penting, yakni pembentukan panitia pilpanag yang akan segera dilaksanakan pada tahun depan, BPD/Maujana harus tau bagaimana dan apa tugas dan fungsinya, termasuk dalam pembentukan panitia pilpanang," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Buyung juga berpesan kepada Anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik agar memperhatikan tunjangan BPD/Maujana yang kurang layak.


"Kami sampaikan aspirasi kepada pak Bernhard Damanik untuk dapat memperhatikan tunjangan BPD/Maujana di Simalungun agar lebih layak, dan kami siap diundang untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait penyampaian aspirasi kami sebagai Maujana," ucap Buyung.



Sementara itu, Ketua PABPDSI Kecamatan Sidamanik Maruli Tambunan mewakili 2 Ketua Kecamatan lainnya yang terpilih mengatakan, terimakasih kepada PABPDSI Simalungun yang telah melantik pengurus Pabpdsi di 3 Kecamatan sekaligus.


Semoga kami Pengurus PABPDSI Kecamatan dalam bersinergi dengan Forkopimcam, serta menjadi wadah bagi rekan-rekan Maujana Nagori dalam menjalankan tupoksi sebagai BPD/Maujana, dan kami akan berkoordinasi dengan para Pangulu (Kepala Desa) dalam menjalankan program pembangunan di masing-masing Nagori," kata Maruli.


Camat Sidamanik L Silalahi dan Camat Pematang Sidamanik Iqbal menyampaikan, selamat atas dilantiknya pengurus PABPDSI di 3 Kecamatan, semoga dengan wadah ini para Maujana dapat menjalankan tupoksi dengan baik serta berkoordinasi dengan para Pangulu demi pembangunan di masing-masing Nagori, karena Nagori itu merupakan ujung tombak pembangunan dan tentunya peran Maujana sangat dibutuhkan," Silalahi didampingi Iqbal.


Anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik yang juga didaulat sebagai Penasehat PABPDSI Kecamatan yang dilantik menyampaikan, selamat atas dilantiknya PABPDSI Kecamatan, semoga kedepan dapat menjalankan tupoksi dengan baik.


BPD/Maujana sama dengan kami sebagai DPRD, hanya saja Maujana lingkupnya di Nagori kami di Daerah, jadi tugas kita juga sama sebagia legislator, semoga Maujana kedepannya semakin memahami tupoksi agar dapat menjalankan tugas dengan baik di Nagori," kata Bernhard.


Terkait tunjangan yang disampaikan tadi, memang ini sangat timpang sekali dengan yang diterima Pangulu dan perangkat desa, saya minta kepada PABPDSI Simalungun segera menyampaikan kepada Komisi I DPRD selaku membidangi pemerintahan, agar nantinya dapat kami bahas saat rapat, segera disampaikan," imbuh Bernhard.(Red-SP.ID/FIS)