BRIN Sosialisasi Teknologi Modifikasi Cuaca Ke Pemkab. Toba -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

BRIN Sosialisasi Teknologi Modifikasi Cuaca Ke Pemkab. Toba

Thursday, October 13, 2022

 


Toba (13/10/22) Sumutpos.id:PT. Inalum dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan audiensi dengan Bupati Toba Poltak Sitorus terkait sosialisasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Kabupaten Toba pada Kamis (13/10/22) di Ruangan Staf Ahli, Kantor Bupati Toba. 


Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) merupakan salah satu upaya jangka pendek yang ditempuh oleh PT. Inalum bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam rangka menaikkan level air Danau Toba. 



Danau Toba merupakan satu satunya pemasok air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di PT. Inalum.


Saat ini merupakan tahap ketiga pelaksanaan TMC sejak 2021 sampai dengan 2022. Tahap pertama dilakukan di bulan April 2021 yang lalu dan mampu menaikkan level air Danau Toba setinggi 8,5 cm. Tahap kedua dilakukan pada pertengahan Oktober sampai dengan November 2021 dan mampu menaikkan 23,1 cm level air Danau Toba. Untuk tahap ketiga ini ditargetkan effective inflow di atas 107,4 T/s di bulan Oktober dan 170,9 T/s di bulan November.


Untuk kegiatan TMC tahap ketiga akan menggunakan garam (NaCl) sebagai bahan semai sejumlah 1 ton setiap hari penyemaian, berbeda dengan pada tahap 1 dan 2 yang menggunakan Flare CoSat sebagai bahan semai.


Dalam arahannya, Bupati Toba Poltak Sitorus meminta agar pelaksanaan TMC ini memperhatikan daerah rawan longsor dan kondisi pertanian di Kabupaten Toba.


“Kita punya peta daerah rawan bencana, tolong diperhatikan jangan sampai disana terjadi longsor karena debit air hujan yang berlebihan. Dan satu lagi usahakan agar TMC ini tidak merugikan petani di Kabupaten Toba, kalau bisa sebaliknya yaitu malah menguntungkan petani,” kata Bupati.


Sejalan dengan harapan Bupati Toba, PT. Inalum yang diwakili oleh Kepala Departemen Operasi, Kusdarjanto  menyampaikan bahwa PT. Inalum dan BRIN sudah melakukan langkah mitigasi agar TMC tidak berdampak pada bencana longsor dan gagal panen yaitu dengan membatasi debit air hujan pada saat TMC, tidak melebihi debit hujan normal.



Turut mendampingi Bupati Toba, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jonni D.P Lubis, Staf Ahli Darwin Siagian, Kadis Ketapang Sahat Simanullang, Kepala BPBD  Pontas Batubara, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Togap H Sitorus, Sekdis Lingkungan Hidup Lahksa Simanullang, Kabag Perekonomian dan SDA Jeffry Maradona, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan Samosir.(Red-SP.ID/DS)