Shakedown Danau Toba Asia Pacific Rally Championship 2022 di HTP TPL Sektor Aek Nauli, Tim Sean Gelael Mendominasi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Shakedown Danau Toba Asia Pacific Rally Championship 2022 di HTP TPL Sektor Aek Nauli, Tim Sean Gelael Mendominasi

Jumat, 23 September 2022

(Image/Gambar) : Tim jagonya ayam Sean Gelael saat shakedown.


Simalungun- Sumutpos.id : Shakedown Danau Toba Asia-Pacific Rally Championship (APRC) telah berlangsung di rute Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun. Total sebanyak 62 pembalap nusantara dan Malaysia meramaikan kejuaraan internasional (Kamis, 22/09/2022)


Pembalap Tim Jagonya Ayam, Sean Gelael tampil mendominasi menjadi yang tercepat di sesi pemanasan tersebut dengan catatan waktu di Run 1 menit 19 detik dan di Run 2 1 menit 17 detik.


Sean yang mengendarai Citroen C3 R5 yang didampingi Co-Drivernya, Hugo Magalhaes tampil impresif dalam 2 Run tersebut, disusul Ryan Nirwan di posisi kedua dari Toyota Gazoo Racing Indonesia dan Rifat Sungkar dari Mitsubishi Xpander Rally Team.


Sean mengaku puas dengan hasil shakedown tersebut karena mampu menaklukkan lintasan yang sebagian besar tanah liat. Meski demikian, Sean tak mau menganggap enteng persaingan karena apapun bisa terjadi pada saat perlombaan, terutama saat kondisi lintasan berubah akibat cuaca.


"Shakedown ini digelar di TPL Sektor Aek Nauli, rute SS1 di mana lintasannya sebagian besar tanah liat. Walau di sesi ini bisa menjadi yang tercepat, tapi saya dan tim tetap kompetitif," kata Sean.


Sementara itu, Musa Rajekshah (Ijeck), Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Wagubsu) tidak mengikuti sesi shakedown karena sudah mencoba lintasan sehari sebelumnya. Ijeck, yang kembali turun meramaikan kejuaraan Asia ini tampil menggunakan mobil yang berbeda dengan Kejurnas Rally sebelumnya. Mobil merk Skoda tipe Fabia yang dibalut logo TPL sebagai salah satu sponsor utama, menjadi tunggangan terbaru Ijeck di kejuaraan tingkat asia pasifik kali ini.


Rute rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi untuk event internasional, yakni menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship 1996 dan 1997, dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019, 2021 dan terakhir Kejurnas Rally Agustus 2022.


Direktur TPL, Anwar Lawden mewakili management TPL menyambut baik dan mendukung penuh terlaksananya event internasional Danau Toba APRC 2022. HTI di TPL Sektor Aek Nauli menjadi lintasan Danau Toba Rally dengan potensi rute rally yang baik, merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia. 


“Kami sangat mendukung event untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba. Event Danau Toba APRC 2022 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” tutur Anwar. 


Danau Toba Rally APRC 2022 menempuh jarak total 361,21 km yang dibagi dalam 2 Leg (etape) dan terdiri dari 12 SS. Leg-1 pada hari Sabtu (24/09) sepanjang 233,09 km memiliki 8 SS (special stage – lintasan khusus) dengan total panjang 105,10 km dan Leg-2 pada hari Minggu (25/09) sepanjang 128,12 km memiliki 4 SS dengan total 51,57 km.(Red- SP.ID/FIS)