Hadiri Rakorda Regsosek BPS, Bupati Eddy Berutu: Data Penting Untuk Kebijakan Pembangunan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Hadiri Rakorda Regsosek BPS, Bupati Eddy Berutu: Data Penting Untuk Kebijakan Pembangunan

Wednesday, September 28, 2022

Dairi,sumutpos.id: Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri acara Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Hotel Mutiara Sidikalang, Selasa (27/09/2022).


Acara Regsosek tersebut bertajuk ‘Mencatat Untuk Membangun Negeri’ satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat’.


Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi yang mendukung penuh program yang digawangi oleh BPS ini.


“Saya menyambut positif serta mendukung sepenuhnya dengan akan dilaksanakannya kegiatan pendataan awal Regsosek Kabupaten Dairi Tahun 2022 dalam rangka menyajikan basis data profil, kondisi sosial-ekonomi dan tingkat kesejahteraan seluruh masyarakat, sehingga diharapkan dapat menghasilkan basis data yang akurat,” ujarnya.


Bupati menjelaskan, diketahui bersama, pendataan awal Regsosek tahun 2022 di Kabupaten Dairi dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober – 14 November 2022. Jadi dibutuhkan kordinasi, kolaborasi, dan sinergitas dari Pimpinan OPD, Camat dan Kepala Desa/Lurah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk menyukseskan kegiatan Regsosek.


“Maka saya berharap kepada seluruh stakeholder terkait, untuk berperan aktif sesuai perannya masing – masing serta mengawal pelaksanaan Regsosek di Kabupaten Dairi Tahun 2022, agar data yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kondisi di lapangan, meminimalisasi rekayasa, serta terbebas dari kepentingan pribadi dan kelompok, mengingat data ini sangat penting sebagai dasar penentuan kebijakan serta pembangunan,” ucapnya.



Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Dairi, Minda Flora Ginting menjelaskan 456 orang petugas akan lakukan pendataan awal Regsosek ini yang akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. Selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan.


“Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten dengan tujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan. Agar data akurat, mari bantu berikan waktu dan informasi yang benar kepada petugas pendataan,” katanya menutup sambutan.


Hadir dalam Kegiatan ini, Unsur Forkopimda, Kapolres Dairi, Ketua Pengadilan, para Kepala OPD, Camat, dan tokoh masyarakat.(Red-SP.ID/CS)