Bupati Toba Serahkan Bantuan Penyediaan Rumah Swadaya , BLT dan BST BBM kepada Warga Siruar Desa Siantar Utara, Parmaksian -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba Serahkan Bantuan Penyediaan Rumah Swadaya , BLT dan BST BBM kepada Warga Siruar Desa Siantar Utara, Parmaksian

Wednesday, September 14, 2022

Toba (14/9/22)- Sumutpos.id:Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali menyerahkan  Buku Tabungan Bantuan Stimulan Penyediaan Rumah Swadaya Pra Sejahtera. Kali ini untuk 15 Kepala Keluarga penerima manfaat di Desa Siantar Utara (Siruar), Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Selasa (13/9/22).

Harapan kita  lewat bantuan ini  menolong amang/inang (Bapak/Ibu) di situasi yang sulit saat ini dimana harga-harga naik,  inflasi  kita sedang menaik saat ini, kata Bupati Poltak Sitorus  didampingi Plt. Kadis Perkim Tagor Siburian dan Camat Parmaksian Ronald Sirait dalam kata bimbingan dan arahannya dihadapan warga penerima manfaat dari desa yang berlokasi persis di dekat PT. Toba Pulp Lestari (TPL) ini.
Menurut Bupati Poltak, bantuan sebesar Rp 35 juta  per unit rumah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan  Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten T.A 2022.
Ini tentu tidaklah cukup, maka harus dibantu. Selain menyediakan biaya tambahan juga  bisa dengan bergotong royong.

Ia menjelaskan bahwa  dulu dalam sejarah Batak Toba, masyarakatnya bergotong royong dalam pembangunan ruma (rumah) Adat Batak. Selain itu, ia juga mengatakan rumah yang layak harus didukung akses jalan dan sarana air minum.
Dipaparkan juga jumlah rumah di Kabupaten Toba  ada sebanyak 47.722 unit dan yang  layak huni  37.278 unit. Rumah tidak layak huni  sebanyak 10.044 atau sebesar 21,89%.

Jadi 15 KK warga dusun Siruar  Desa Siantar Utara, saat ini yang menerima adalah orang-orang atau keluarga yang beruntung dari jumlah 10.044 unit rumah tersebut.

Ia mengajak warga bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang menyediakan bantuan stimulan ini. Soal pertanian, bupati pun mengulang ajakan supaya warga petani menyukseskan gerakan tanam dua kali panen dua kali asa mamora hita (red: agar kita kaya/sejahtera).

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk , Pemkab Toba melalui Dinas Pertanian Kabupaten Toba akan membuat pelatihan pembuatan pupuk organik.
Sebelumnya Kepala Desa Siantar Utara, Pargaulan Marpaung menjelaskan bahwa kegiatan kali ini selain memberikan bantuan bedah rumah kepada 15 penerima juga dirangkai dengan  pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana  Desa sebesar Rp 300.000/KK  untuk masing-masing  97 orang,  dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Provinsi sebesar Rp.500.000/KK untuk 60 orang. 
Diinformasikan juga kepada Bupati, bahwa  di Desa Siantar Utara ada jalan hampir putus akibat longsor, dan untuk  penanganan sementara masyarakat Desa sudah bergotong royong.

Kemudian kepada pihak TPL,  pemerintah desa sudah meminta bantuan besi jerjak untuk penanganan jalan yang kena bencana longsor.

Hal lainnya ada dua unit rumah bedah dengan sumber bantuan PT. Inalum, kini tinggal menunggu rekomendasi Bupati Toba. Demikian juga dengan pembangunan cek dam yang  belum terealisasi di desa yang mengandalkan hasil bumi pertanian ini.

Selanjutnya Plt. Kadis PRKP Tagor Siburian dalam laporannya mengatakan  bantuan  bedah rumah ini adalah yang keempat kali  dilaksanakan, dengan besaran bantuan Rp35 Juta per unit untuk 100 orang meliputi Kecamatan Balige 50 unit,  Laguboti 15 unit, Porsea 20 unit dan Parmaksian 15 unit.

Pemberian Buku Tabungan Bedah Rumah telah dilaksanakan sejak 2 Juli 2022 di Habinsaran meliputi wilayah Kecamatan Habinsaran, Borbor, dan Nassau  sebanyak 95 unit. 
Kedua, 3 Juli 2022 di Laguboti meliputi Kecamatan Tampahan, Siantar Narumonda, Silaen, dan Kec. Laguboti sebanyak 137 unit, dan 13 Juli 2022 di  Sigumpar meliputi Kecamatan Sigumpar, dan Kec Siantar Narumonda sebanyak 59 unit.

Sebagai tanda suka cita dan ucapan terima kasih atas kunjungan kerja Bupati Toba Poltak Sitorus, atas nama  warga Desa Siantar Utara Op. Poltak Marpaung memberikan cindera mata berupa Ulos Batak kepada Bupati Poltak Sitorus. 

Menariknya, pada acara ini juga diisi dengan persembahan tarian Tortor Kreasi Batak Naraja dari SD Yayasan Bona Pasogit Sejahtera dan SD Negeri Siruar.(Red-SP.ID/DS)