Bupati Toba Tabur Puluhan Ribu Benih Ikan Mujahir Di Danau Toba -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba Tabur Puluhan Ribu Benih Ikan Mujahir Di Danau Toba

Kamis, 14 April 2022

Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus bersama nelayan menangkap ikan tayo tayo "red devils" dipinggiran Danau Toba Desa Sibuntuon, Kec. Uluan. Kab. Toba.

Toba-Sumutpos.id: Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus bersama jajaran Pejabat Pemkab Toba tabur benih ikan mujahir di Danau Toba setelah selesai menyaksikan penangkapan ikan tayo tayo sejenis ikan predator yang sudah meresahkan nelayan. 
Giat tabur benih ini, untuk merespon keluhan dan keresahan masyarakat nelayan di kawasan Danau Toba atas  keberadaan ikan predator "red devil" (red: ikan tayo-tayo, lauhan), dimana Bupati turun langsung menyaksikan tangkapan nelayan di pinggiran Danau Toba Desa Sibuntuon Kecamatan Uluan, Kab.Toba, Kamis (14/04/22).
Sambil menyaksikan hasil tangkapan ikan tayo-tayo,  salah satu nelayan Manditar Manurung menyampaikan keluhannya kepada Bupati, bahwa dalam tiga tahun terakhir masyarakat nelayan sama sekali tidak pernah memperoleh hasil tangkapan ikan semenjak  ikan tayo tayo ini berkembang pesat di perairan Danau Toba, yang menjadi permasalahan besar bagi kami nelayan, karena ikan tayo tayo ini dapat merusak jaring, memangsa telur ikan, anakan ikan, serta nilai jualnya tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan oleh nelayan.
Sekaitan dengan hal tersebut, Bupati Poltak mengajak masyarakat nelayan untuk bersama-sama mencari manfaat lain atas keberadaan ikan tayo-tayo ini.
Misalnya, menjadikan ikan ini  sebagai makanan yang dapat di daur ulang  dan sebagai pakan ternak", harapnya.

Bupati Poltak , akan berkoordinasi  dengan Dinas Ketahanan Pangan, dan mengajak nelayan melakukan penangkapan ikan tayo tayo secara berkesinambungan agar hasil tangkapan dapat di olah kembali menjadi makanan bernilai tambah seperti keripik. 

"Mari para nelayan bersabar karena saat ini Pemkab Toba akan berupaya untuk mencari solusi dengan  berkoordinasi dengan berbagi pihak termasuk  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Gubernur Edy Rahmayadi, Gubernur sampaikan akan segera tangani bersama-sama dengan Kepala Daerah di seluruh wilayah pinggiran Danau Toba," tegas Poltak.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Ketapang, Sahat Manullang menyampaikan salah satu alternatif mengembangkan ekosistem adalah dengan cara mengurangi jumlah volume ikan tayo tayo melalui penangkapan,  perlahan kembali kita isi (restocking) dengan ikan alami habitat Danau Toba dengan ukuran minimal 5 cm karena bila dibawah itu akan jadi mangsa bagi ikan tayo tayo.

Usai memberikan semangat dan arahan kepada nelayan, Bupati Poltak Sitorus bersama-sama dengan nelayan melakukan penaburan 50.000 benih ikan mujahir khusus di pinggiran Danau Sibuntuon.

Benih ikan mujahir ini berasal dari bantuan Regal Spring Aquafarm sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat

Penaburan benih yang di lakukan Bupati, juga di hadiri  Camat Uluan Henry Butarbutar, dan Kepala Desa Sibuntuon.(Red-SP.ID/DS)