Distan Simalungun Serahkan Bantuan Insektisida kepada 40 Kelompok Tani di Kecamatan Dolok Panribuan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Distan Simalungun Serahkan Bantuan Insektisida kepada 40 Kelompok Tani di Kecamatan Dolok Panribuan

Wednesday, November 10, 2021

 

(Image/Gambar) : Koordinator BPP Kecamatan Dolok Panribuan Rolli Sidabutar saat menyerahkan bantuan insektisida kepada salah seorang pengurus kelompok tani.

Simalungun - Sumutpos.id : Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun menyerahkan bantuan 1880 liter Insektisida kepada 40 kelompok tani se Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.


Bantuan tersebut diserahkan Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Dolok Panribuan Rolli Sidabutar kepada para ketua kelompok tani di Kantornya, Rabu (10/11/2021).


Rolli menjelaskan, 1880 liter insektisida merk Kempo (94 kardus, setiap kardus berisi 20 botol dengan takaran 500 ml per botol) bantuan dari Dinas Pertanian Simalungun akan dibagikan kepada 40 kelompok tani yang terdaftar sebagai penerima, dimana para ketua kelompok nantinya akan membagikan kepada masing-masing anggotanya.


Bantuan insektisida ini merupakan tindak lanjut dari bantuan sebelumnya, yakni 25,8 ton benih kedelai yang telah kita serahkan kepada masing-masing pengurus kelompok tani. Dan sejauh ini, pantauan kita sebagian kelompok tani sudah menanam benih kedelai tersebut, sebagian lagi ada yang gagal akibat musim kemarau beberapa waktu yang lalu," ujar Rolli.


Kita himbau kepada seluruh anggota kelompok tani, agar benar-benar memanfaatkan dan menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin, jangan sampai diperjual belikan, karena bantuan ini dari pemerintah harus dimanfaatkan sebaik mungkin," tandasnya.


Sementara itu, Petugas Penyuluhan Lapangan Agus Sinaga mengatakan, hingga saat ini kelompok di Nagori binaannya yakni, Ujung Bondar, Lumban Gorat, dan Marihat Pondok sudah menanam bantuan benih kedelai beberapa waktu lalu, dan di Ujung Bondar 3 bulan kedepan sudah bisa dipanen sebagai contoh manfaat bantuan kedelai tersbeut," kata Agus.


Ketua Kelompok Tani Dolok Matiur, Nagori Marihat Pondok Atur Simarmata menyampaikan terima kasih kepada pemkab Simalungun mellaui dinas pertanian atas bantuan tersebut.

Saya akan bagikan bantuan ini kepada 23 anggota kelompok tani saya," ucap Atur. (Red-SP.ID/FIS)